ADS1

Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

Salam jumpa kembali dan semoga para pembaca budiman sekalian tetap sehat dan bahagia selalu. Kali ini tanpa rasa bosan akan kami infokan tentang khasiat dan manfaat tumbuh tumbuhan dengan judul Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit.

Pada waktu terdahulu kami juga telah membagikan informasi tentang manfaat tanaman dengan judul Manfaat Dan Khasiat Srikaya Untuk Kesehatan, silahkan klik link tautan untuk membacanya.

Khasiat Buah Mengkudu

Buah mengkudu yang memiliki nama ilmiah Morinda Citrifolia ini termasuk kedalam keluarga Rubiaceae. Buah istimewa ini memiliki aneka ragam nama terkhususnya untuk di indonesia saja ada yang menyebutnya dengan nama Pace, Kudu, Kemudu, Cangkudu, Wengkudu, Kodhuk dan lain sebagainya.

Buah ini bila sudah masak atau matang memiliki bau yang khas dan sangat menyengat hidung, ketika masih muda buah mengkudu atau pace ini biasa di konsumsi orang untuk campuran makan rujak, sedangkan yang sudah masak lebih kepada untuk pengobatan beragam penyakit.

Buah mengkudu yang telah masak memiliki beragam zat bermanfaat seperti morinda diol, morindin, morindone,  metil asetil, damnacanthal, sorandiyiol dan asam kapril.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Sudah sejak zaman dahulu buah ini telah di jadikan salah satu sumber pengobatan tradisional nenek moyang kita, untuk itu ada baiknya kitapun tetap menjaga dan melestarikan pengobatan ilmiah ini agar tetap bertahan mengikuti perkembangan zaman.

Mengatasi Penyakit Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat di tanggulangi dengan menggunakan ramuan buah pace atau mengkudu ini. Adapun caranya adalah siapkan 2 buah mengkudu masak khususnya yang masak di pohon, madu asli 1 sendok makan. Peraslah buah dan ambil airnya lalu campurkan madu. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari hingga penyakit darah tingginya mereda.

Penyakit Darah Tinggi

Mengatasi Penyakit Batuk

Buah mengkudu juga dapat di gunakan sebagai obat batuk alami cukup dengan 1 buah mengkudu beserta setengah genggam daun poko atau daun bujanggut yang di rebus menggunakan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, kemudian saring ramuan dan minum setiap pagi dan sore hari hingga batuk mereda.

Daun Poo atau Poko atau Bujanggut

Mengatasi Sakit Perut

Bila mengalami sakit perut segera manfaatkan daun menggudu dengan cara ambil dua atau tiga helai daun mengkudu yang sudah di cuci bersih lalu di haluskan dan di campur dengan sedikit garam kemudian seduh mengunakan air panas, saring dan minum setelah dingin mudah mudahan sakit perut akan segera sirna.

Mengatasi Penyakit Kuning

Sakit kuning adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan lumayan sulit untuk di sembuhkan karena biasanya penyakit ini berasal dari komplikasi penyakit yang lainnya. Untuk itu ramuan berikut dapat di jadikan referensi bila anda atau ada kerabat yang terkena sakit kuning.

Siapkan 2 buah pace yang masak di pohon beserta madu. Selanjutnya peras buah mengkudu dan ambil airnya lalu campurkan madu asli aduk hingga merata, saring dan minum setiap dua hari sekali.

Mengatasi Demam, Flu dan Masuk Angin

Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya sakit demam flu dan juga masuk angin, ada baiknya mencoba ramuan mudah ini dari bahan buah mengkudu. Caranya sebuah mengkudu dan kencur 1 rimpang di rebus menggunakan dua gelas air hingga tersisa satu gelas lalu setelah dingin minum setiap pagi dan sore hari.

Peringatan

Bahaya Buah Mengkudu

Sebaiknya hindari pengobatan dengan cara mengkonsumsi mengkudu untuk Ibu yang sedang hamil maupun menyusui.

Bagi penderita penyakit ginjal juga di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah ini karena kandungan kalium pada buah mengkudu dapat menimbulkan masalah serius bila di konsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit ginjal.

Bagi anda yang memiliki masalah gangguan fungsi hati juga tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu karena dapat memperparah kerusakan pada hati.

Cukup sekian dulu pemaparan kami tentang Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman teman yang lain agar mengetahui info kesehatan ini. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di lain waktu.

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit"

Posting Komentar