ADS1

Ini Dia Khasiat Daun Serta Buah Srikaya Untuk Mengobati Penyakit Yang Wajib Kamu Ketahui

Jumpa lagi dengan ninixnews yang kali ini akan memberikan informasi tentang kesehatan dari tumbuhan srikaya dengan judul Khasiat Daun Serta Buah Srikaya Untuk Mengobati Penyakit Yang Wajib Kamu Ketahui.

Buah srikaya atau umumnya di sebut dengan nama buah nona atau mona ini memiliki nama ilmiah Annona Squamosa  memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita dalam mengatasi berbagai penyakit. Untuk itu akan kami jabarkan dalam tulisan berikut agar dapat di jadikan referensi kesehatan bagi para pembaca sekalian.

Manfaat Dan Khasiat Srikaya

Sekilas bentuk dari buah dan daun srikaya agak mirip dengan sirsak begitupun manfaat dan khasiatnya, silahkan dibaca Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak.

Berikut ini rincian manfaat dan khasiat daun serta buah srikaya

Manfaat Daun Srikaya

Daun srikaya dapat di gunakan untuk memberantas penyakit batuk, reumatik, demam, diare, disentri, cacingan, kutu kepala, bisul, kudis, luka, menurunkan asam urat dalam darah, rectal prolaps pada anak, pengobatan luar untuk borok, ekzema dan skabies.

Manfaat Dan Khasiat Daun Srikaya

Contoh penggunaan pada

Mengatasi Penyakit borok serta bisul

Ambil daun srikaya yang masih segar secukupnya lalu cuci bersih kemudian di giling halus dan di beri garam sedikit. Pergunakan resep tersebut untuk mengobati penyakit borok ataupun bisul dengan cara dibalut pada area yang sakit. Gunakan 2 hingga 3 kali sehari.

Sering mengalami pingsan secara tiba tiba dan membantu menenangkan orang yang histeris.
Daun srikaya segar secukupnya di cuci bersih kemudian di tumbuk halus. Disini kita hanya memanfaatkan aroma dari daun srikaya untuk membangunkan orang yang pingsan ataupun menenangkan mereka yang suka histeris.

Mengatasi Penyakit Cacingan pada anak

Ambil 15 lembar daun srikaya yang masih segar lalu cuci bersih dan rebus menggunakan 5 gelas air hingga tersisa kira kira 3 gelas saja. Setelah air rebusan dingin saringlah dan beri minum 3 kali sehari pada anak anak yang terkena penyakit cacingan, sekali minum 1 gelas.

Mengatasi Penyakit Gangguan Pencernaan

Daun srikaya yang masih segar secukupnya di cuci lalu di giling halus kemudian tambahkan secukupnya minyak kelapa dan tempelkan ramuan ini di perut agar masalah pencernaan segera pulih.

Mengatasi Penyakit Kudis

15 lembar daun srikaya segar yang di cuci bersih lalu di haluskan dan tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih. Ramuan ini di gosokkan pada kudis sehari 2 kali.

Manfaat Buah dan Biji Srikaya

Buah srikaya atau buah nona selain nikmat untuk di makan ianya juga bermanfaat dalam memberantas penyakit diare, disentri serta masalah pencernaan. Sedangkan biji dari buah nona ini juga memiliki segudang manfaat untuk mengatasi penyakit pencernaan yang lemah, membasmi kutu, cacingan.

Manfaat Dan Khasiat Buah Nona

Berikut contoh penggunaannya

Membasmi Penyakit Kutu Pada Anjing Piaraan

Rebus daun atau biji srikaya dengan air secukupnya lalu gunakan untuk memandikan anjing piaraan anda namun sebelumnya biji atau daun tersebut hendaklah di haluskan terlebih dahulu agar khasiatnya keluar.

Cara Mematikan Kutu Di Kepala

Siapkan 10 butir biji srikaya dan 1 genggam daunnya, cuci bersih dan giling hingga menjadi halus dan tambah minyak kelapa secukupnya kemudian aduk rata. Balurkan ramuan tersebut di kepala dan tutup menggunakan kain atau handuk selama kurang lebih 3 jam. Selanjutnya bilas rambut hingga bersih. PERINGATAN jangan sampai air bilasan masuk ke dalam mata untuk menghindari radang dan iritasi.

Mengatasi Penyakit Bisul

Buah srikaya yang sudah masak di ambil isinya kemudian digiling halus dan tambah garam sedikit sembari di aduk hingga rata, balurkan pada area bisul dan balutkan kain kasa agar ramuan tidak tumpah. Ramuan ini membantu mempercepat bisul masak dan pecah.

Khasiat Akar Serta Kulit Kayu Srikaya

Akar srikaya juga berguna dalam membasmi beragam penyakit seperti penyakit sembelit, depresi mental, disentri akut, dan juga penyakit nyeri pada tulang punggung. Sedangkan kulit kayu srikaya dapat membasmi penyakit diare, luka berdarah dan disentri.

Khasiat Kulit dan Akar Srikaya

Contoh Pemakaian:

Mengatasi Penyakit Diare

Cuci bersih kulit srikaya kira kira 6 atau 10 gram lalu potong menjadi kecil kemudian tambah secukupnya gula merah. Setelah itu rebuslah ramuan tersebut dengan 4 gelas air bersih hingga bersisa setengahnya atau tersisa 2 gelas. Setelah ramuannya dingin saringlah kemudian minum 2 kali dalam sehari, sekali minum 1 gelas.

Catatan Penting
Untuk para ibu yang sedang hamil sangat tidak di anjurkan meminum rebusan dari biji srikaya.
Berhati-hatilah bila meminum rebusan biji srikaya, kulit kayu srikaya serta akarnya karena ramuan ini di sinyalir mengandung racun. Gunakan ramuan ini hanya bila dalam pengawasan ahli herbalis yang telah berpengalaman.

Beberapa nama lain yang dapat kami rangkum dari berbagai daerah yang mungkin dapat menjadi referensi nama bagi pembaca sekalian.

Nama lain tanaman srikaya

Delima Bintang
Serba Bintang
Sarikaya
Seraikaya
Serkaya
Surikaya
Srikawis
Sarkaja
Serakaja
Sirikaja
Garoso
Ata
Atis Soe Walanda
Sirikaya
Hirikaya.

Demikian sekilas informasi yang dapat kami berikan tentang Ini Dia Khasiat Daun Serta Buah Srikaya Untuk Mengobati Penyakit Yang Wajib Kamu Ketahui semoga berguna, jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada yang lain agar mendapatkan manfaat juga dan pastinya kita bisa beramal cukup dengan membagikan informasi ini terimakasih.

0 Response to "Ini Dia Khasiat Daun Serta Buah Srikaya Untuk Mengobati Penyakit Yang Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar