ADS1

Ini Lho Keistimewaan Daun Jarak Untuk Kesehatan Diri Kita

Keistimewaan Daun Jarak Untuk Kesehatan : Dari jaman nenek moyang kita terdahulu mereka sudah memahami dan mengerti betul guna dan manfaat tanaman yang satu ini sebagai obat kesehatan diri baik itu daun, biji, getah hingga batang dan akar pohon jarak, yang nama latinnya ( Ricinus communis ). Tanaman yang termasuk ke dalam jenis tanaman perdu ini biasa tumbuh di hutan, daerah pantai dan tanah kosong, tapi ada juga yang mengembang biakkannya di perkebunan karena tau manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Daun Jarak

Ada beberapa sebutan untuk tanaman berkhasiat ini seperti Gloah atau Dulang untuk daerah sumatra sedangkan daerah jawa barat di sebut Kaliki dan daerah madura di sebut dengan nama Kalek. Tanaman jarak di jaman canggih ini ini lebih sering di pergunakan untuk bahan campuran minyak pelumas karena minyak dari biji jarak sangat baik dan cenderung tidak berubah kekentalannya walau dalam suhu yang tinggi sekalipun, hal ini terjadi karena asam lemak hidroksi ( Asam Risinoleat ), dan minyak biji jarak adalah satu satunya tumbuhan yang kaya akan asam lemak tersebut.

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa kandungan dari tanaman ini sangat berguna dan membantu sekali dalam pengobatan berbagai macam penyakit. Berikut rinciannya :

Khasiat Daun Jarak

Kandungan Tanaman Jarak


Getah yang terdapat pada tumbuhan ini banyak mengandung saponin,  flavonoid dan juga mengandung jatrophie yang sifatnya anti terhadap jamur atau di sebut juga anti jamur.

Senyawa yang banyak terkandung pada daun jarak adalah sitosterol, kaemfesterol, amirin, stigmasterol dan jgua teraksrol.

Untuk biji jarak sendiri di temukan senyawa ß-glukanase, toksalbumin dan juga senyawa curcin, senyawa senyawa tersebut selain memiliki aktivitas antifungi ianya juga berguna sebagai antikanker. Sedangkan ampas yang di hasilkan dari biji jarak setelah pemerasan untuk mengambil minyaknya sangat banyak mengandung nitrogen, kalium dan fosfat.

Kulit dari batang tanaman pohon Jarak banyak mengandung resin, tanin dan saponin.

Manfaat Biji Tanaman Jarak

Manfaat Tanaman Jarak Bagi Kesehatan


Berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman istimewa ini yang sejak nenek moyang telah di gunakan, beberapa manfaatnya sebagai berikut:

Mengatasi Penyakit Radang Pada Telinga

Radang telinga atau sakit di dalam rongga telinga atau bisa juga merasa telinga berdengung dapat di atasi dengan tanaman jarak, caranya :
1/2 sdm getah jarak kemudian di teteskan kurang lebih 6x tetesan kedalam telinga, lakukan sehari hingga 6x hingga penyakit tersebut hilang.

Penyakit Putih Pada Lidah Bayi

Bayi bayi yang masih menyusu umumnya sering terjadi keputihan pada lidah dan langit langit mulutnya. Hal tersebut menyebabkan sang bayi tidak mau menyusu dan berat badannyapun cenderung menurun. Untuk mengatasi penyakit demikian anda dapat menggunakan getah pada daun tanaman jarak. Caranya dengan memetik daun jarak yang nanti pada batangnya akan mengeluarkan getah, nah oleskan getah tersebut pada lidah dan langit langit mulut bayi tersebut, selang beberapa waktu keputihan akan keluar bersamaan dengan air liur sang bayi. Lakukanlah terus menerus hingga bayi anda bebas dari penyakit Putih Lidah tersebut.

Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang

Sifat kimiawi yang terkandung dalam getah tanaman jarak adalah antimikroba jadi sangat pasti mampu mengusir bakteri dan kuman. Sakit gigi berlubang jelas sekali banyak kuman yang bersarang di dalamnya, untuk  mengatasi hal tersebut cukup dengan menempelkan getah pohon jarak bersama kapas kedalam gigi beberapa saat niscaya sakit gigi berlubang akan sirna.

Mengobati Penyakit Sariawan

Gunakan getah tanaman jarak yang masih baru lalu tempelkan pada area yang terkena sariawan, lakukan hingga sembuh.

Mengobati Penyakit Kembung dan juga Masuk Angin Pada Bayi

Bila bayi anda mengalami perut kembung dan mudah masuk angin segeralah ambil daun jarak yang cukup tua beberapa helai lalu di siangi diatas api hingga agak layu, selanjutnya olesi dengan minyak kelapa, minyak kayu putih ataupun minyak telon dan tempelkan ke bayi anda tepat di bagian bawah perut serta pinggangnya. Diamkan beberapa waktu, umumnya bayi anda akan segera buang gas ( kentut ) serta mengeluarkan zat yang tak berguna dalam perut ( bab ).

Penyakit Susah Buang Air Besar ( BAB ) / Sembelit

Mamfaatkan 4 helai daun tanaman jarak segar lalu cuci hingga bersih selanjutnya kukus sampai layu kemudian makanlah daun tersebut hingga penyakit sulit bab atau sembelit anda hilang. Daun jarak terkenal sebagai obat pencahar alami.

Penyakit Koreng, Gatal Jamur

Gunakan minyak jarak asli lalu panaskan kemudian oles pada kulit yang bermasalah atau sakit. PERINGATAN : jangan sampai menelan minyak jarak karena mengandung racun bagi manusia.

Mengobati Luka dan juga Pendarahan

Mengobat Luka :
2 sdt Minyak pohon jarak
¼ sdt Belerang
Kayu Secang ( cendana ) seukuran jari tangan
2 sdm Vaselin
Semua bahan di panaskan sambil di aduk rata setelah dingin oleskan pada area yang terjadi luka. Untuk luka yang baru saja terjadi dapat menggunakan getah pohon jarak yang bersifat anti mikroba dan menghindari tetanus.

Mengobat Penyakit Rematik

Petik daun jarak yang sudah berwarna hijau tua bersihkan lalu tumbuk hingga halus kemudian tambahkan air secukupnya, aduk rata, kemudian balurkan pada area tubuh yang terkena penyakit rematik, exim ataupun gatal. Bisa juga dengan cara di kompres beberapa waktu.

Sembuhkan Batuk Berdahak

Untuk anda yang mengalami penyakit batuk berdahak segera gunakan akar dari tanaman jarak caranya : 
Akar jarak secukupnya dibersihkan lalu rebus dengan 7 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minumlah air rebusan tersebut di pagi hari dan juga sore hari. Ulangi perubusan akar jaraknya hingga 3x perebusan sebelum mengganti dengan yang baru. 

Menambah Besar Senjata Pria

10 lbr daun pohon jarak termasuk batangnya ditambah 1 buah jeruk nipis. Tumbuk keduanya sampai benar benar halus. Pijatkan pada senjata anda, namun sebelumnya pijat terlebih dahulu dengan minyak zaitun hingga hangat, 1 ramuan tersebut dapat di gunakan sebanyak 3x pemijatan.

Nah sekian banyak manfaat dan kegunaan tanaman jarak ini tentu pula memiliki efek negativnya dan itu tidak dapat di pungkiri.

Daun Jarak Untuk Kesehatan


Efek Buruk Daun Jarak Bagi Kesehatan


Lain kebaikan kebaikan yang banyak di dapat anda juga perlu tau efek buruk dari tanaman ini, walau tidak banyak namun perlu di pahami pula. Minyak dari tanaman jarak ini dapat menimbulkan masalah bagi sebagian orang terutama masalah yang terjadi pada kulit serta gangguan pada pencernaan. Ketika minyak jarak tertelan selain bersifat racun di dalam usus akan terbentuk asam risinoleat yang mengakibatkan iritasi pada bagian dinding usus jadi berhati hatilah dalam penggunaan obat telannya. Wajib bagi anda berhati hati untuk yang mengalami penyakit kram perut, maag, iritasi usus, wasir, radang usus, diverticulitis ataupun yang baru saja operasi.

Demikianlah informasi artikel NinixNews kali ini tentang Keistimewaan Daun Jarak Untuk Kesehatan semoga pembaca semua mendapatkan ilmu manfaatnya, jangan lupa untuk bantu share pada yang lain ya, terimakasih dan sampai jumpa lagi. Wassalam.

0 Response to "Ini Lho Keistimewaan Daun Jarak Untuk Kesehatan Diri Kita"

Posting Komentar