ADS1

Cara Mudah Membuat Power Bank Sendiri Dari Baterai Laptop Bekas

Salam jumpa kembali teman pembaca sekalian, kali ini kami akan memberikan informasi tentang Kreatifitas yang mungkin saja sangat berguna bagi kita dalam mengakali barang bekas yaitu Cara Mudah Membuat Power Bank Sendiri Dari Baterai Laptop Bekas.

Mungkin saja teman teman memiliki laptop bekas atau baterai laptop yang sudah tidak terpakai, nah jangan di buang, mengding di buat jadi Power Bank yang bisa digunakan untuk sehari hari atau di butuhkan dalam keadaan mendadak seperti untuk lampu cas ketika PLN mati, dan yang pasti kamu tidak perlu keluar uang lagi untuk membeli powerbank yang harganya lumayan mahal, karena sudah bisa membuatnya sendiri.

Power Bank Dari Baterai Bekas

Untuk di ketahui baterai laptop itu berisi beberapa baterai kecil yang di gabung menjadi satu dan dapat di isi ulang atau di cas ulang. Ok mari kita langsung saja praktek Cara Membuat Power Bank.

Bahan bahan yang sangat perlukan:
  • Baterai laptop yang sudah tidak terpakai ( semua merek laptop bisa di pakai )
  • Solder dan timah solder
  • Plat besi tipis atau kabel listrik secukupnya
  • Isolasi
  • Kabel pengecas HP
  • Avo Meter ( untuk mengukur tegangan baterai )
Setelah bahan tersedia langsung saja kita mulai membuat power banknya dengan langkah sebagai berikut.

Buka isi baterai laptop kemudian ambil beberapa buah baterainya ( biasanya berisi delapan baterai kecil dan setiap 2 baterai sudah saling terhubung ). Disini kami akan menjelaskan cara membuat power bank dengan kekuatan 2000 mAh jadi kita butuh 4 baterai saja.

Catatan:

  • 1 baterai memiliki kekuatan 4 amper dengan arus listrik 500 mAh
  • Jangan sampai salah menghubungkan positip dan negatif karena akibatnya akan merusak HP kamu ketika di gunakan.


Gabungkan ke empat paterai sesuai positip dan negatipnya. Untuk membedakan mana yang positip dan mana yang negatip cukup melihat pada bagian leher baterai, bila ada cekungan berarti itu untuk arus positip dan yang polos tanpa cekungan artinya negatip.
Positip Negatip Baterai
Gabungkan ke 4 baterai secara paralel menggunakan solder seperti gambar di bawah ini:

Sambungan Paralel Baterai

Setelah selesai membuat sambungan paralel pada batre kamu bisa melakukan pengecekan arus dengan avo meter untuk memastikan bahwa dengan menggunakan 4 batang batre tersebut memiliki arus 2000 mAh ( umumnya sudah fix nih ). Kemudian tinggal kamu hubungkan saja dengan kabel usb agar bisa nantinya di gunakan untuk mengecas HP kamu ( sesuaikan saja colokan tersebut dengan colokan HP kamu atau bisa juga di buat jadi banyak colokan ).

Cara Buat Power Bank Sendiri

Power Bank buatan sendiri ini bisa di carger ulang layaknya powerbank yang di jual di pasaran lho jadi ketika membuat jangan lupa juga di sesuaikan socket socketnya agar nanti tidak kebingungan ngecas ulang.

Nah teman teman sekalian, demikianlah informasi singkat kami tentang Cara Mudah Membuat Power Bank Sendiri Dari Baterai Laptop Bekas, semoga saja ada guna dan manfaat yang dapat di ambil dari artikel ini. Bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, akan admin jawab sesuai kemampuan yang admin miliki. Wassalam.
Artikel sebelumnya : Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok
By: One Day - Batam