ADS1

Kupas Tuntas Tentang Penyakit Asam Urat

Salam jumpa kembali para pembaca yang budiman, semoga kita semua tetap sehat sentosa. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang sebuah penyakit yang cukup banyak di derita oleh orang orang yang berusia lanjut yaitu Penyakit Asam Urat atau di sebut juga dengan Penyakit Gout ataupun Encok.

Asam urat adalah sebuah penyakit yang di sebabkan oleh menumpuknya limbah yang berasal dari zat purin dan menumpuk di dalam sel tubuh kita. Normalnya zat limbah ini di buang melalui air seni atau urine yang telah di proses oleh Ginjal dan sebagiannya lagi melalui proses pencernaan atau tinja. Menurut Penelitian terkini ternyata penyakit asam urat juga merupakan penyakit keturunan.

Sakit Asam Urat

Ketika tubuh terutama ginjal mengalami masalah dan limbah hasil pemecahan zat purin tadi tidak banyak terbuang sementara produksinya jauh lebih banyak maka inilah yang menyebabkan terjadinya pengkristalan tajam berukuran mikro dalam persendian ataupun pada jaringan sendi kita hingga akhirnya mengikis lapisan lunak sendi dan menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat, itulah yang di sebut dengan sakit asam urat atau gout.

Area tubuh yang paling sering terkena serangan penyakit ini adalah persendian kaki,lutut, siku dan juga tangan, hal ini karena area tersebut memiliki suhu tubuh yang lebih rendah di bandingkan sendi yang lain.

Jenis makanan yang wajib untuk di hindari bagi mereka yang terkena gejala asam urat
  • Daging ( daging kambing, daging sapi, daging babi dan hampir semua jenis daging )
  • Jeroan
  • Jenis makanan laut terutama jenis kerang kerangan dan beberapa jenis ikan.
  • Jenis kacang kacangan : kedelai ( termasuk di dalamnya tempe, oncom, tauco, susu kedelai ) kacang hijau, kacang tanah, toge, melinjo atau emping.
  • Jenis sayuran seperti kembang kol, asparagus, bayam, jamur kuping, buncis, daun kates, daun singkong dan kangkung.
  • Makanan dari keju, krim, telur, kaldu.
  • Buah buahan seperti nanas, durian dan juga air kelapa.
  • Jenis makanan yang di goreng atau bersantan.
  • Jenis makanan yang kaya lemak serta protein.
Jenis minuman yang perlu di hindari bila menderita asam urat
  • Minuman keras : penyebab prokdutivitas asam urat dalam hati menjadi lebih tinggi dan menghambat pembuangan asam urat yang tidak terpakai di dalam tubuh sehingga menumpuk menjadi penyakit.
Penderita Asam Urat Wajib Menjauhi Alkohol
  • Minuman yang memiliki unsur gula tinggi terutama terdapat dalam jenis minuman ringan seperti sprite coca cola dan lain lain, semua jenis minuman yang memiliki kandungan fruktosa adalah salah satu penyebab bertambahnya resiko penyakit gout ini.
    Waspada Minuman Ringan Bagi Penderita Asam Urat
    Beberapa penyakit lain yang menambah parah atau meningkatnya asam urat
    Jenis Obat Pemicu Timbulnya Asam Urat
    • Jenis obat yang di gunakan untuk pengobatan penyakit kolesterol tinggi seperti NIACIN
    • Obat untuk penyakit darah tinggi seperti DIURETIK
    • Obat ASPIRIN
    • Dan beberapa obat yang di gunakan untuk pereda tekanan
    Hindari Aspirin Bagi Penderita Asam Urat

    Penyakit Gout atau Asam Urat ini termasuk sebuah penyakit yang unik dan belum banyak di ketahui oleh para ahli kedokteran karena dari beberapa kasus orang yang memiliki kadar asam urat tinggi didalam darahnya namun tidak terjadi penumpukan natrium kristal pada sendi hingga orang tersebut tidak bisa di katakan terkena penyakit asam urat.
      Untuk para lelaki usia produktif perlu kiranya berwaspada diri terhadap jenis penyakit sendi ini karena laki laki paling rentan dan memiliki resiko sangat besar bila di bandingkan dengan wanita.

      Hal ini terjadi karena hormon estrogen pada wanita jauh lebih banyak dan mampu untuk menurunkan jumlah asam urat serta membantu mempermudah pembuangannya melalui organ ginjal. Namun ketika masa menopause tiba resiko ini semakin rentan pada wanita walau tetap saja tidak setinggi resiko pada pria.

      Ukuran kadar asam urat normal dalam tubuh
      untuk pria 3,5 hingga 7 mg/dl dan untuk wanita 2,6 – 6 mg/dl

      Demikianlah informasi Kupas Tuntas Tentang Penyakit Asam Urat yang dapat kami berikan kali ini, untuk selanjutnya kita akan membahas Cara Alami Mengobati Asam Urat, semoga artikel ini berguna untuk semua pembaca sekalian, sampai jumpa lagi dengan Berbagi Informasi Untuk Semua di artikel berikutnya, wassalam.