ADS1

Cegukan Pada Bayi dan Cara Menghilangkannya

Seperti yang sudah di beritahukan pada artikel sebelumnya Cegukan lebih sering di alami oleh anak anak dan juga bayi oleh karena itu perlu kiranya admin memberikan informasi ini agar lebih lengkap dan detail. Tidak perlu risau bila terjadi Cegukan Pada Bayi anda karena ini hal yang lumrah dan umum terjadi dan itu juga tidak mengindikasikan suatu penyakit tertentu. Untuk itu sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab terjadinya jegukan pada anak atau bayi.

Mengatasi Bayi Cegukan

Penyebab Terjadi Cegukan Pada Bayi

Umumnya penyebab cegukan pada bayi maupun orang dewa hampir sama namun untuk memperjelas informasi ini admin mereasa perlu juga membeberkannya di sini agar pembaca jadi lebih mengerti dan paham penyebabnya yaitu:
  • Mengencangnya otot pada diafragma dada secara tiba tiba yang mengakibatkan tertariknya udara dari rongga mulut sang bayi sehingga mengeluarkan bunyi cegukan.
  • Ada kemungkinan bayi yang mengalami cegukan sedang mengalami stress ringan seperti setelah ngompol buang air kecil / besar, lapar, haus, suhu yang panas atau dingin dan banyak lagi penyebab bayi menjadi stress.
  • Bayi yangsedang tertawa sambil makan atau minum kemungkinan besar akan mengalami cegukan dan bila ini terjadi sebaiknya jangan memberi makan atau minum bayi anda ketika ia sedang tertawa.

Mengatasi Cegukan Pada Bayi



Banner 300x250
Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya masalah cegukan ini maka anda akan lebih mudah untuk mengatasinya, berikut beberapa cara untuk mengatasi cegukan yang di alami oleh anak anak ataupun bayi.
  • Bila bayi anda mengalami cegukan di saat sedang anda susui maka ada baiknya anda merubah posisi menyusui tersebut dan tetaplah memberikan ASI hingga cegukan tersebut hilang, jangan lupa perhatikan juga di saat bayi anda menyusu apakah terlalu tergesa gesa atau tidak, dan sebaiknya anda mengontrolnya.
  • Bila masih juga terjadi cegukan di saat anda menyusui ada baiknya hentikan sementara kegiatan tersebut dan gendonglah bayi dengan posisi kepalanya menghadap punggung anda sehingga anda bisa melakukan pijitan dan tepukan ringan pada punggung bayi 
Cegukan Pada Bayi


  • Bila bayi anda minum susu dari botol maka perhatikan lubang dot nya apakah kebesaran  bila kebesaran sebaiknya di ganti dengan lubang yang lebih kecil agar bayi lebih dapat mengatur ritme menyusunya dan hal itu menghindari bayi cegukan.
  • Perlu di ingat bila saja bayi anda sudah mendapatkan makanan pendamping ASI maka berikanlah makanan tersebut secara perlahan dan se dikit demi se dikit.
Demikianlah informasi Kesehatan kali ini tentang Cegukan Pada Bayi dan Cara Menghilangkannya semoga beguna dan bermanfaat untuk semua terutama para ibu ibu muda, jumpa lagi di lain waktu bye.

Baca juga:
Cara Mengatasi Hidung Bayi Tersumbat
Cara Memijat Bayi Dengan Benar