ADS1

Ini Dia 5 Langkah Untuk Diet Yang Benar dan Baik

5 Langkah Diet Benar dan Baik : Diet adalah salah satu langkah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta menghindari diri dari obesitas atau kegemukan. Belakangan ini banyak orang yang bingung dalam hal menghitung ukuran proporsional tubuh mereka. Ada yang merasa terlalu kurus, kurang langsing dan terlalu gemuk. Padahal sudah cukup banyak tulisan di media masa maupun media elektronik yang membahas bagaimana menentukan tubuh ideal. Baca juga artikel relevan sebelumnya Kecilkan Perut Buncit Dengan 7 Langkah.

Di beberapa literatur kesehatan menyebutkan tingkat obesitas pada tubuh ditentukan oleh BMI atau singkatan dari Body Mass Index. Dimana sistim pengukurannya berdasarkan massa tubuh yang di bagi kuadrat tinggi badan kita. Nah bila nilai pembagiannya lebih dari pada 30 maka ke simpulannya tubuh kita mengalami kegemukan atau obesitas. Contoh perhitungannya
berat badan anda 65kg dengan tinggi 165 maka
BMI = 65 / [ 1.65 * 1.65 ]
BMI =  23,875 artinya anda normal
Patokannya:
BMI kecil dari 18.5 = kurang berat badan atau underweight
BMI antara 18.5 hingga 24 = berat badan anda normal
BMI antara 25 hingga 29 = berat badan anda berlebih atau overweight.
BMI besar dari 30 = maka anda mengalami obesitas

5 Langkah Diet Benar dan Baik

Obesitas selain menyebabkan kesulitan dalam gerakan ianya juga membuat kita menjadi kurang percaya diri, dan lagi orang yang mengalami obesitas sangat rawan di serang penyakit serta mudah lelah. Untuk itu di sini admin NinixNews akan membantu memberikan tips sehat untuk berdiet yang sangat mudah dilakukan oleh semua orang termasuk juga anda.

1. Menu Makanan Harian

Bila anda sedang melakukan program diet anda tidak harus serta merta mengurangi menu makan yang mengandung karbohidrat ataupun lemak, akan tetapi anda hanya perlu mengaturnya serta menyesuaikan kebutuhan harian anda. Untuk yang berprofesi sehari hari banyak kegiatan ekstra tenaga daripada duduk maka sebaiknya konsumsi karbohidrat dan juga lemak sedikit lebih banyak. Tapi untuk lebih banyak duduknya lebih baik kurangi konsumsi lemak dan juga karbohidrat, sebaiknya di ganti dengan makanan dengan kandungan protein tinggi.

2. Intensitas Waktu Makan

Makan sehari sekali bukanlah diet yang baik dan benar bahkan tergolong dalam kesalahan diet. Makanlah secukupnya dan sewajarnya saja, contoh kita perlu makan 3x sehari ya makanlah 3x sehari jangan di kurang atau dilebihkan, bila sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan maka makanlah makanan yang kandungan protein dan serat yang tinggi dengan mengurangi makanan berkabohidrat dan lemak yang tinggi contoh kurangi makan nasi namun perbanyak makan sayuran dan buah buahan sedangkan untuk proteinnya bisa didapat dari tahu, susu, tempe telur dll.

3. Rajinlah Bangun Pagi dan Lakukan Olah raga ringan

Bagi yang melakukan diet harian atau program diet maka biasakanlah bangun pagi dan berolah raga ringan seperti joging, senam, maupun hanya berjalan kaki seputaran rumah. Hal ini berguna untuk membakar lemah jenuh yang menumpuk dalam tubuh dan juga akan membuat anda tampil bugar setiap harinya. Ingat lho bangun pagi harus juga di barengin tidur yang cukup ya, normalnya tidur malam adalah 6 hingga 8 jam, biasakanlah tidur sebelum jam 9 malam.

Diet Langsing Pasca Melahirkan

4. Makan malam sebelum jam 6 sore

Sebagian dari masyarakat kita ini sudah terbiasa makan malam di atas jam 6 sore, padahal waktu makan malam yang baik itu sebelum jam 6 sore karena proses sistim pencernaan kita membutuhkan waktu 3 hingga 5 jam untuk memproses makanan dalam lambung. Bila anda makan malam jam 7 atau jam 8 dan tidur jam 10 atau 11 malam maka secara otomatis sistim pencernaan kitapun akan terhenti dan ini menyebabkan asupan makanan tadi di simpan oleh sistim pencernaan kita ke dalam jaringan lemak yang mengakibatkan kita membutuhkan olah raga yang ektra demi membakar timbunan lemak tadi. Jadi mulailah biasakan makan malam sebelum jam 6 sore.

5. Berhentilah Ngemil

Ingin berat badan ideal namun ngemilnya ga bisa di tinggalkan ya siap siap saja tubuhnya membengkak alias kegemukan. Mulai sekarang biasakanlah diri anda untuk tidak ngemil bila ingin memiliki tubuh yang ideal dan proporsional. Percayalah diet yang anda lakukan tidak akan pernah berhasil bila kebiasaan ngemil ini tidak dapat anda hilangkan dalam kegiatan anda.

Diet Benar dan Baik

Sekian artikel 5 Langkah Diet Benar dan Baik semoga dengan tulisan ini dapat memberikan sobat pembaca semua manfaat dalam melakukan diet yang benar untuk diri masing masing, silahkan share atau bagikan pula pada teman yang lain ya, agar mereka juga mendapatkan manfaatnya. terimakasih dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.