ADS1

14 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Buah tomat, siapapun orangnya pastinya mengenal buah yang satu ini, tomat dapat langsung di makan atau di jadikan jus, di masak, di jadikan sambal, saus ataupun di buat menjadi acar tomat. Sedangkan pucuk muda dari daun tomat juga bisa di jadikan sayur. Buah istimewa ini memiliki sifat dingin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, untuk itu kali ini NinixNews.Com akan membahas tentang 14 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh.

Pada umumnya buah tomat berbentuk bulat dengan rasa ada yang manis dan juga asam, buah ini asngatlah berkhasiat sekali seperti dapat menghilangkan dahaga atau haus, sebagai anti septik pada usus, sebagai laksatif ( pencahar ), membantu meningkatkan nafsu makan, merangsang lambung untuk mengeluarkan enzim bermanfaat dan membantu meningkatkan aliran zat empedu menuju usus.

14 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut sebuah penelitian yang di lakukan USA pria yang rajin mengonsumsi minimal 10 porsi tomat dalam satu minggu risiko akan terkena kanker prostat menurun hingga 45%. Kemungkinan hal ini terjadi karena adanya zat karoten dan likopen pada buah tomat yang mencegah timbulnya penyakit tumor serta mengurangi terkena resiko penyakit jantung.

Yang lebih menariknya ketika tomat di masak tidak menghilangkan zat likopennya, justru lebih baik mengkonsumsi tomat setelah di lakukan proses pemasakan karena jumlah zat likopennya akan bertambah 10x lipat saat tomat telah menjadi pasta atau saus tomat. Zat Likopen adalah bagian karotenoid yang dapat larut didalam lemak, tapi likopen yang larut dalam lemak sulit untuk di serap tubuh. Oleh sebab itu sangat di sarankan untuk mengolah buah tomat menggunakan cara rebus atau bisa juga dengan di kukus.

14 Manfaat Buah Tomat

14 Manfaat Tomat Lainnya Untuk Kesehatan yaitu:

  1. Penyakit Wasir : Buah tomat yg telah masak di rebus dengan minyak kelapa kurang lebih 10 menit, kemudian disaring dengan kain. Oleskan pada wasir setelah olahan tomat tersebut dingin.
  2. Darah Tinggi dan Mata Merah : Rajinlah memakan buah tomat yang segar 1 hingga 2 buah setiap pagi ketika perut masih kosong ( sebelum sarapan )
  3. Memar karena terbentur : Jus tomat di tambah air jahe lalu di tim dan minumlah setelah jus tersebut dingin.
  4. Luka Terbakar : Irisan buah tomat segar atau bisa juga daun tomat di haluskan kemudian letakkan ke luka tersebut.
  5. Radang pada usus buntu dan sakit kuning : Minumlah secangkir jus tomat sebanyak 3x sehari dan tetap melakukan konsultasi pada dokter anda.
  6. Jerawat : Buat 100ml jus tomat kemudian di tambah dengan 25ml alkohol berkadar 70% aduk hingga merata. Pergunakanlah campuran tersebut untuk menggosok muka anda yang berjerawat tersebut, lakukan 2 hingga 3x sehari. Bisa juga di buat jadi masker dengan cara jus buah tomat di campur dengan 1 sendok teh yogurt ( yogurt yang tawar ). Oleskan pada wajah selama 10 menit dan bilas wajah hingga bersih.
  7. Penyakit Demam : Khasiat tomat sebagai pereda deman telah di buktikan oleh pengobatan cina sejak dulu caranya dengan 3 buah tomat masak di buat jus lalu ditambah 1 sendok makan madu asli dan di minum 3x sehari. Sedangkan untuk penderita diabetes tidak perlu menambahkan madu.
  8. Radang pada gusi dan gusi berdarah: Rajinlah mengkonsumsi tomat masak secara langsung.
  9. Sakit Tenggorokan: Jus tomat di tambah air hangat dan dijadikan obat untuk kumur kumur. Tomat sebagai anti inflamasi dan juga menenangkan.
  10. Sariawan dan juga ulkus pada rongga mulut: 2 buah Tomat yang telah matang di potong dan di campurkan dengan masakan ikan lalu makan. Lakukanlah setiap hari hingga tampak membaik.
  11. Meningkatkan selera makan : Minumlah jus buah tomat 1 jam sebelum anda makan.
  12. Kadar glukosa dalam darah rendah : Minumlah jus tomat segar setiap hari.
  13. Pencegah Sakit kanker dan juga jantung : Makanlah tomat yang di masak dengan di rebus atau kukus.
  14. Kesehatan pada rambut : Gunakan jus tomat tanpa air lalu oles ke kulit kepala sampai pada ujung rambut dan diamkan selama 30menit. Hal ini bermanfaat sebagai pengimbang PH pada rambut, menghilang kan bau yang tidak sedap, menjadikan rambut berkilau, mencegah kerontokan. Lakukan sekali dalam 2 minggu ketika rambut anda rusak dan sekali dalam 2 bulan bila rambut anda telah sehat, jangan keseringan karena kandungan asam pada tomat dapat menyebabkan rambut anda menjadi ringan.
Baca juga artikel tentang Manfaat Buah dan Manfaat Sayuran.
Demikianlah artikel tentang 14 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terimakasih telah membaca dan bantu kami dengan membagikan artikel ini pada yang lain. salam. Artikel sebelumnya Cara Mengatasi Bayi Yang Hidungnya Tersumbat.