ADS1

Aneka Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan

Tanaman air satu ini nama latinnya adalah Nymphaea yang merupakan nama dari genus tanaman air suku Nymphaeaceae. Sebutan bunga ini dalam bahasa inggris ialah waterlily atau water-lily, teratai air itulah sebutan umum bunga yang satu ini di indonesia. Sangat sedikit sekali orang yang mengetahui manfaat bunga teratai untuk kesehatan terkecuali sebagai penghias kolam semata, padahal teratai mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, untuk itu pada kesempatan kali ini akan admin informasikan ke semua pembaca yang budiman dengan memberi judul artikel ini Aneka Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan.

Bunga teratai yang indah dan juga wangi tersebut memiliki khasiat obat tradisional dalam mengatasi bermacam penyakit. Uniknya lagi tumbuhan ini keseluruhan bagiannya dapat di pergunakan untuk di jadikan obat obatan herbal, mulai dari bunga, umbi, hingga biji. Tanaman air ini kaya akan kandungan senyawa berkhasiat untuk kesehatan tubuh diantaranya karbohidrat, protein, karoten, lemak, asam nikotinat dan beberapa vitamin seperti B1, B7 dan vitamin C. Pada bijinya terdapat kandungan zat besi, kalsium dan juga fosfor.

Aneka Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan

Artikel relevan yang terkait kesehatan bisa anda baca pada postingan NinixNews dengan mengklik DISINI.!. Kita lanjutkan informasi tentang manfaat bunga teratai tersebut sebagai obat apa saja sih? silahkan baca postingan di bawah ini: 

Manfaat Bunga Teratai

Untuk obat mimisan ( Keluar darah dari hidung )
Gunakan akar dari tumbuhan teratai yang di haluskan lalu peras dan teteskan airnya tersebut kedalam lubang hidung yang mimisan tadi.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Cara penggunaannya adalah biji teratai ( kurang lebih seberat 10 gram ) yang di campur dengan 15 gram tunasnya  di beri 350 cc air bersih dan di rebus hingga bersisa 200 cc saja. Minumlah rebusan air tersebut 3x sehari layaknya seperti anda minum teh di pagi hari siang atau malam.

Mengatasi sulit tidur malam ( Insomnia )
Siapkanlah 5 hingga 12g biji dari tumbuhan teratai, lalu rendam dan di rebus dengan ukuran 3 gelas air bersih sampai jadi 1 gelas saja. Minum airnya sewaktu hangat hangat kuku sedangkan bijinya di kunyah / makan (  Lakukan rutinitas ini sehingga anda mengalami perubahan yang baik )

Muntah atau batuk darah
Gunakanlah rimpang teratai yang sudah di cuci bersih lalu di haluskan dengan blender ( di buat jus ) hingga menjadi satu gelas berukuran 200cc. Minumlah ramuan tersebut secara dengan rutin tiap hari selama kurang lebih 3 hingga 5 hari.

Muntaber dan diare
Obati dengan 50g rimpang tanaman teratai dan 10g jahe yang di cuci hingga bersih lalu ke duanya di blender atau parut agar dapat di ambil airnya. Airnya tersebutlah yang di minum, lakukan setiap hari hingga sembuh ( sehari 3x ).

Obat penyakit disentri
50g rimpang tanaman teratai dan juga 10g jahe di ambil airnya kemudian ditambah 100cc air bersih dan di rebus sampai mendidih. Setelah ramuan tersebut dingin tambahkan juga dengan 1 sendok makan madu lebah kemudian aduk rata dan minum sekaligus hingga habis.

Gondokan, panas dalam, liver dan penyakit jantung
100g rimpang tanaman teratai di tambah 50g akar rumput alang alang yang segar lalu di potong seperlunya. Rebus racikan tersebut dalam 500cc air bersih sehingga air tersisa 250cc saja. Minum airnya setelah dingin atau sewaktu hangat hangat tapi jangan lupa di saring dulu ya :-p

Mata merah, iritasi, bengkak atau lelah ( Kesehatan Mata )
3g biji tanaman teratai dan juga 9g bunga seruni. Disatukan dalam kain yang bersih lalu di kukus, setelah sedikit dingin kompreskan ke mata ( lakukan 2x sehari pagi dan di malam hari ).

Atasi depresi / stres
20 butir biji bunga teratai, 10 butir angco, 15g biji buah kelengkeng dan 10g kim cim direbus dengan 600cc air hingga bersisa kira kira 300cc saja. Minumlah setelah agak dingin sedangkan biji yang ada sebaiknya di makan juga, lakukanlah sehingga keluhannya berkurang.

Manfaat Bunga Teratai

Demikianlah artikel informasi tentang Aneka Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan yang dapat kami berikan, semoga menambah manfaat dan pengetahuan untuk para pembaca sekalian tentang obat herbal alami. Akhir kata jangan lupa bantu kami untuk tetap share dan bagikan artikel ini pada yang lainnya agar mereka juga mendapatkan pengetahuan dan menfaat yang sama. Terimakasih.